4 Pertimbangan saat Menyewa Jasa Tukang Bangunan Berikut Mandornya

Bahan bangunan merupakan hal krusial yang perlu Anda perhatikan saat ingin membangun rumah sendiri. Tapi, menentukan tukang bangunan untuk mengerjakan proyek rumah Anda juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, perlu pertimbangan matang saat memutuskan untuk menyewa jasa mereka berikut mandornya. Pertimbangan apa saja? Simak ulasan berikut.

  1. Sistem Kerjanya

Pertimbangan pertama yaitu menentukan sistem kerja untuk para tukangnya. Apakah Anda ingin menyewa jasa mereka saja atau sekalian dengan mandornya. Jika hanya menunjuk pekerja tanpa mandor, Anda harus turun langsung mengawasi pekerjaan mereka dalam hampir 100% pekerjaan mereka sampai rumah Anda jadi.

Setiap bahan bangunan yang dibutuhkan juga Anda sendiri yang membelinya. Sementara itu, jika Anda menyewa tukang sekaligus menunjuk salah satu mandor, maka 70-90% dari pengerjaan rumah bisa Anda percayakan padanya. Jadi, pembelian bahan bangunan dan kerja para tukang juga bisa Anda serahkan padanya.

  1. Sistem Pembayarannya

Pertimbangan berikutnya yaitu menentukan sistem pembayaran yang ingin Anda putuskan. Mana yang ingin Anda pilih, pembayaran harian atau borongan? Kedua sistem pembayaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembayaran harian cenderung lebih mahal, tapi para pekerjanya memiliki jadwal kerja yang teratur.

Anda juga bisa mengganti para pekerja jika kinerja mereka kurang memuaskan. Hal ini bisa didorong oleh keinginan pekerja untuk memperlambat pekerjaan mereka. Karena, semakin lama pekerjaan mereka selesai, maka makin besar yang harus Anda bayarkan. Sebaliknya, untuk pembayaran borongan, biayanya cenderung lebih murah, sayangnya sering asal-asalan karena ingin cepat selesai.

  1. Tipe Rumah yang Dibangun

Anda juga harus mempertimbangkan tipe rumah yang akan dibangun. Semakin minimalis rumah impian Anda, maka biaya yang dibutuhkan pun bisa semakin ditekan. Hal ini dikarenakan, jumlah tukang bangunan yang dibutuhkan juga lebih sedikit daripada rumah mewah dengan ukuran yang lebih besar (maksimalis).

Nah, agar lebih terencana, sebaiknya Anda juga menentukan denah dan ukuran rumah yang akan dibangun. Rencanakan secara terperinci agar pekerjaan untuk masing-masing tukang bisa terspesifikasi dan rumah Anda bisa selesai dibangun sesuai dengan waktu yang sudah Anda perkirakan sebelumnya.

  1. Kredibilitasnya

Rekomendasi dan saran dari orang yang lebih berpengalaman tentang bangun-membangun rumah sangat penting untuk Anda dengar. Misalnya, Anda memiliki kakak, sepupu, atau kenalan yang pernah menggunakan jasa mereka. Nah, jika mereka merasa puas dan merekomendasikannya pada Anda, sebaiknya gunakan tukang dan mandor yang sama.

Dengan memilih tukang bangunan terpercaya dan berkredibilitas, maka rumah impian Anda bisa selesai tepat waktu dan bujet yang dibutuhkan pun tidak terlalu meleset dari yang sudah Anda estimasikan. Sementara itu, jika para tukang tersebut Anda pilih asal-asalan, justru kerugian yang akan Anda dapat. Jadi, jangan sepelekan rekomendasi dari kerabat Anda.

Tinggalkan Balasan